BULAN SYA'BAN

Alhamdulillah.. Sebentar Lagi Malam Nisfu Sya'ban !
Di Namai Sya'ban Karena tasyaa'ub (bertebarannya) manusia setelah Rajab,bulan yang diharamkan berperang Syekh Abdurrahman Ash-Shafuri Asy-Syafi'i dalam Nuzhah Al-Majalis mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda:"Rajab Syahrullah, wa Sya'ban Syahri, wa Ramadhan Syahru ummati.
Artinya: "Rajab Adalah Bulan Allah, Sya'ban Adalah Bulanku Dan Ramadhan Adalah Bulan umatku." Syekh Abdul Kadir Al-Kailani Mengemukakan Jika "suatu tahun" di umpamakan sebatang pohon, maka Rajab adalah masa berdaun, Sya'ban masa berbuah dan Ramadhan Masa Panen.
Ada pula yang mengatakan, Rajab Adalah Bulan Keampunan, Sya'ban Bulan Syafaat Nabi dan Ramadhan Bulan Dilipat gandakan pahala kebaikan. Ada lagi yang berpendapat, bahwa Rajab bulan taubat(pengampunan), Sya'ban Bulan Mahabbah(Cinta Allah) Dan Ramadhan bulan qurbah(Pendekatan Diri Kepada-Nya).
Ada Lagi yang berpendapat jika Rajab Seperti angin,maka Sya'ban Adalah Seperti awan Dan Ramadhan Adalah Turunnya Hujan. Ada Pula yang Mengatakan pahala Ibadah di bulan Rajab tujuh puluh kali lipat,pada bulan Sya'ban Menjadi tujuh Ratus kali lipat Dan pada bulan Ramadhan Menjadi seribu kali lipat. Orang2 Arab menyebut kan sebagai bulan-bulan ke taatan kepada Allah SWT, Wallahu'alam.

Comments

Popular Posts